Senam Refleksi

Senam Refleksi

Penjelasan manfaat setiap gerakan dalam senam refleksi.

1. Tepuk tangan
Menepuk Lao-Gong-Xue yang terletak ditelapak tangan (4X8)
Bermanfaat merangsang kesadaran otak, mencegah Struk dan penyakit syaraf lainnya.

2. Tepuk Jari
Menepuk seluruh jari-jemari telapak tangan, agar terjadi refleksi pada syaraf-syaraf penting, sehingga mendorong kelancaran sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

3. Jalin tangan
Renggangkan jari-jari tangan satu sama lain, kemudian cocokkn satu sama lain agar syaraf-syaraf yang terdapat di sisi jari-jari terangsang sehingga melancarkan pembuluh nadi dan pembuluh darah balik.

4. Silang ibu jari
Mengadu He-gu kiri dan kanan, berguna untuk menyembuhkan penyakit gigi lidah, mata, hidung dan kuping. Prof. Dr. Zu Zong Xiang mencipta Senam 312 mementingkan sekali meridian He-gu ini.

5. Adu kelingking
Telentangkan kedua telapak tangan, kemudian adu sisi jari kelingking.Gerakan ini berguna untuk mencegah Penyakit Jantung dll.

6. Adu sisi telunjuk
Tengkurapkan kedua telapak tangan, ibu jari tekuk ke bawah, Adu sisi jari telunjuk . Gerakan ini berguna untuk mencegah penyakit lever, paru-paru, limpa dan ginjal.

7. Ketok Pergelangan
Mengetuk Tai-yuan-xue yang terletak dekat denyut nadi di pergelangan tangan. Dapat mencegah dan menyembuhkan batuk-batuk, bronchitis, sesak napas, asma dll.

8. Ketok Nadi
Meridian Nei-guan terletak tiga jari dari garis pergelangantangan, dengan mengetuk bagianini dapat dapat melancarkan pembuluh darah yang tersumbat, mencegah terjadinya sakit jantung.

9. Tekan jari
Rentangkan jari jemari satu sama lain, kemudian tempelkan jari kiri dan kanan sambil ditekan sekuatnya, sesudah itu gerakkan kedepan dan kebelakang . berguna untuk menghilangkan kekakuan pada jari jemari sehing-ga bias elestis lagi.

10. Buka dan mengepal
Rentangkaan jari jemari, ulurkan tangan kedepan setinggi dada, kemudian kepalkan dan buka bergantian jari jemari kuat-kuat. Gerakan ini berguna untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit pada jari jemari.

11. Menepuk punggung tangan
Tangan kanan menepuk punggung tangan kiri kemudian ganti tangan kiri menepuk punggung tangan kanan. Gunanya untuk melancarkan peredaran darah pada anggota tubuh bagian atas.

12. Menepuk lengan dan bahu
Dari lengan bawah sampai lengan atas ditepuk delapan kali, kemudian dipundak delapan kali. Dilakukan kiri dan kanan bergantian. Gunanya untuk melemturkan dan menghilangkan pegal-pegal urat-urat di bagian itu, menghilangkan rasa lesu dan ngantuk dan menjadi bugar.

13. Menepuk pinggang
Letakkan telapak tangan di kiri dan kanan Puser, kemudian tarik garis datar ke belakang dimana kedua telapak tangan bertemu, disitudisitulah letaknya Shen-shu-xue. Urat-urat yang tegang di bagian pinggang begitu ditepuk akan mengendur, rasa pegal linu akan hilang, bahkan membantu sekali bagi yang menderita impotensi, kencing tidak lancar, membangkitkan vitalitas energi.

14. Menepuk Paha.
Berdiri tegak kedua tangan diletakkan disamping badan, dimana ujung jari tengah menyentuh paha, disitulah terletak Feng-shi-xue. Tekuk kedua kaki kemudian kedua telapak tangan meenepuk dengan keras Feng-
Shi-xue. Gunanya mencegah masuk angin, penyumbatan saluran darah , penyakit tulang duduk dan rasa sakit di lutut.

15. Menepuk samping betis
Zu-san-li letaknya empat jari dibawah tempurung lutut. Menepuk bagian ini mencegah masuk angin, berbagai penyakit dan melancarkan metabolism Zu-san-li adalah meridian penting dalam senam 312.

16. Jongkok berdiri
Denyutan jantung memompa sirkulasi darah keseluruh tubuh. Anggota tubuh bawah yakni Paha merupakan jantung kedua. Tatkala bergerak jongkok dan tegak, otot-ototnya menyusut dan merentang secara teratur akan membantu sirkulasi darah balik ke jantung. Ini mencegah aliran darah tersumbat dan sakit jantung. Gerakan ini dilakukan dengan menjulurkan tangan lurus kedepan, buka kaki selebar bahu, kedua kaki harus sejajar. Jongkok-bangun se mampu anda, jangan memaksakan diri.

17. Menepuk perut
Dan-tien letaknya empat jari dibawah pusar. Menepuk bagian ini menambah vitalitas energi.

18. Kaki jinjit
Pernapasan Dan-tien sama dengan pernapasa perut. Begitu kita menghirup udara, perut mengembung, sekat perut turun ke bawah, ketika kita menghembuskan udara sekat perut naik keatas. Turun naiknya sekat perut tak ubahnya sedang mengurut organ tubuh bagian dalam. Ini dapat menyembuhkan gang guan usus dan lambung. Perut kosong merupakan gudang darah. Pernapasan perut mengurut perut kosong sanagat memadai. Peredaran darah pulang pergike rongga perut mengurangi tekanan pada urat-urat darah, berguna meringan kan penderita darah tinggi. Menarik napas mengangkat anus dan berjingkat, dapat membantu ginjal, mencegah impotensi, meningkatkan seksualitas, melancarkan kencing dll.

sumber : http://porpisby.blogspot.com/2010/08/senam-refleksi.html